Yuukk.. Kita membuat Home-built Pembangkit Listrik Tenaga Angin sendiri!!


Pada posting sebelumnya saya membahas mengenai bagaimana membuat model untuk PLTAngin, dan banyak yang menanyakan bagaimana membuat home-built PLTAngin, ternyata tidak sulit. Berikut adalah bagaimana cara membuat home-built PLTAngin. Tulisan ini dibuat oleh Mike Davis, warga Amerika Serikat, berangkat dari kebutuhan akan listrik pada saat sedang berada daerah yang terisolasi, dia kemudian berinovasi membuat home-built PLTAngin yang dapat mencukupi kebutuhan listriknya yang minim dengan PLTAngin ini. Anda dapat mengakses langsung versi original tulisan ini melalui link :

http://www.mdpub.com/Wind_Turbine/index.html

Pembuatan home-built PLTAngin ini sangat praktis, blade turbin dapat anda buat dengan pipa PVC, untuk generator dapat digunakan permanen magnet motor DC, pipa, dan peralatan lain yang dapat anda jumpai di pasaran. Disertai dengan penjelasan dan foto step-by-step pembuatannya saya rasa anda tidak akan kesulitan membuatnya.

Jadi untuk rekan-rekan yang menanyakan bagaimana caranya membuat turbin angin, berikut adalah sekilas informasi dan juga tantangan bahwa ternyata kita juga bisa membuat home-built PLTAngin. Untuk rekan-rekan yang tertarik untuk mengangkat topik PLTAngin sebagai tugas akhir mungkin bisa membuat home-built PLTAngin dengan disertai perhitungannya. Kalau ada waktu rasanya saya tertarik juga untuk melakukan apa yang dibuat oleh Mike Davis ini.

Selamat mencoba..!! Go Green Indonesia…!!!

Note : All material in this posting originally taken from :

http://www.mdpub.com/Wind_Turbine/index.html

About these ads

13 Responses so far »

  1. 1

    yusufsatya said,

    it’s cool
    trima kasih atas postingannya…
    klo ada yang mau file sejenis anda bisa download di http://www.theotherway.co.cc

  2. 2

    Limz said,

    Ini dia yang saya cari!. Motornya jenis atau dinamo yang biasa dipake apa ya? Kira2 harganya berapa? Terima kasih

  3. 3

    budi said,

    tulisan ini sangat baik sekali, karena memberikan informasi yang akurat mengenai tenaga alternatif yang bermanfaat bagi kehidupan manusia sekaligus tidak merusak alam. Tetapi bagi kami yang awam tentang teknologi apakah ada info yang menerangkan supaya orang awam juga bisa menggunakan teknologi yang baik ini

  4. 4

    Anggara adi darma said,

    saya sangat tertarik dengan tenaga angin ini..
    saya punya impian untuk menggabungkan tenaga angin dan juga sumber energi terbarukan lainnya (tidal wave), berhubung di daerah pantai selatan memiliki potensi angin dan ombak yang cukup besar.
    apakah itu mungkin dilaksanakan.

  5. 5

    Syd said,

    @Yusufsatya :
    terimakasih sudah mampir, cuma berusaha membantu masyarakat Indonesia, walaupun cuma sebatas lewat blog.

    @Limz :
    Motor yang dipakai motor DC, kalau anda mau tahu spec detailnya anda bisa kunjungi http://www.mdpub.com/Wind_Turbine/index.html dihalaman tersebut ada iklan motor DC dari ebay, anda bisa klik salah satu spec motor yang ditawarkan, informasi harganya juga ada disana. tapi itu di US, kalau di Indonesia saya kurang tahu.

    @Budi :
    Saya juga awam untuk masalah tenaga angin, tapi berangkat dari keingintahuan, dengan bermodalkan koneksi internet (dan kesabaran mencari :p ) serta bahasa inggris anda bisa mendapatkan informasi yang anda inginkan mengenai energi alternatif yang tidak merusak alam ini.

    @Anggara :
    Mungkin maksud anda wave energy (ombak) yang dihasilkan oleh gesekan antara air dan angin, kalau tidal energy adalah pergerakan air yang energinya berasal dari pergerakan relatif bumi dan bulan. Untuk menggabungkan kedua energi tersebut dan menghasilkan suatu mekanisme yang menggerakan 1 generator rasanya sulit, tapi sangat memungkinkan kalau masing – masing sumber energi memiliki generator hanya media penyimpannya (energy storage) yang digabungkan.

  6. 6

    phurnama said,

    saya tinggal di sekongkang bawah, kabupaten sumbawa besar, daerah pinggir pantai yg tidak terjangkau listrik PLN , kalau bisa diadakan saja pelatihan utk membuat kincir listrik ini dgn sejumlah biaya pelatihan, saya yakin banyak peminatnya…sekaligus menolong banyak orang dan memajukan bangsa

  7. 7

    Syd said,

    @ Phurnama :
    Saya sangat setuju sekali dengan anda, saya sendiri bukan ahli dibidang ini, seharusnya menjadi tanggung jawab pemerintah (mungkin dalam hal ini diwakili oleh PLN) untuk memberikan informasi mengenai PLTAngin ini, agar nantinya masyarakat dapat mengembangkannya sendiri.

  8. 8

    azi said,

    Poker banget (Postingan yang Keren) Banget

    mas klo bisa lebih detail lg anda bkln sangan membantu masyarakat indonesia kluar dari pembodohan pemerintah untuk bisa lebih mandiri da ga trgantuyng k PLN,
    klo ada spek detailnya kirim k e-mail ku ya

  9. 9

    sahrul008 said,

    Mas kalo bisa anda bikin undangan,biar kita bisa ngumpul untuk mendapat penyuluhan langsung dari anda…..Teeima kasih Mas

  10. 10

    den iroel said,

    Thank’s ya Mas!!! Infonya ngebantu banget. Insya Allah aq ada niatan ngembangkan itu. Nanti klu dah ketemu pengembangannya, gue gabung and posting ke sini dech..
    Thanks sekali lagi.

    Syd : Wah… ini yang ditunggu… partisipasi dari temen2… iya silahkan diposting disini… saya tunggu ya..

  11. 11

    Albin Irawan said,

    Tolong dong dikirimi Skema dan tenik pembuatannya yang lengkap, karena didaerah aku tinggal masih terbatas yang dilayani PLN

    Syd : Sudah coba buka link / sumber aslinya disini belum?? disitu cukup lengkap loh…

  12. 12

    Saya sedang merencanakan membuat PLTS dan PLTBayu, yang akan di Hibritkan, melalui sistem pararel. Ini adalah rencana Desertasi saya. Pemikirannya adalah bahwa Negara kita sedang mengalami krisis energi listrik, energi listrik saat ini hanya dapat dinikmati oleh masyarakat perkotaan, sedangkan untuk daerah-daerah terpencil hampir 100 % belum mendapat suplay daya listrik, sehingga berdanpak lambatnya pertumbuhan ekonomi negara kita. Bagi teman-teman yang punya informasi tentang konsep perencanaan PLTS dan PLTB mohon dibagi. Salam manis.

  13. 13

    ardi said,

    Trims banget nih artikel oke
    bener juga kalu lebih spesifik dari bahan serta output yang dihasilkan
    kemungkinan untuk pengisian Baterai yang kemudian bisa di inverterkan
    bisakah untuk kebutuhan rumah
    makasih


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: